Headline
Loading...

Cara Membuat Kode Barcode Pada Excel

Mengolah data dengan menggunakan microsoft excel sangat membantu kerja anda sehari-hari terutama pekerjaan kantor. Hampir setiap hari karyawan yang bekerja dengan komputer pasti berurusan dengan Microsoft excel. Menguasai fungsi-fungsi pada Ms.Excel dan rumus-rumus Ms. Excel tentunya diperlukan untuk menunjang kerja anda dalam mengolah data. Tipe data yang digunakan oleh Ms. Excel juga sangat beragam dan sesuai dengan kebutuhan anda seperti tipe data Currency, Date, Text,  Number dan lain-lain.  Seiring dengan kemajuan teknologi penggunaan kode yang biasanya terdiri dari angka dan huruf kini sudah mulai beralih dengan menggunakan barkode (Barcode) walaupun barcode itu sendiri terhimpun dari angka atau huruf yang dikonversikan menjadi batang garis.
Tujuan dari penggunaan kode barcode sendiri agar memudahkan memindai barang tertentu yang sudah diberikan kode barcode dengan alat pindai barcode.
Permasalahnya jika dalam pendataan menggunakan Microsoft Excel belum ada jenis data barcode yang bisa kita pilih sebagai data kode.
Sebagai solusinya Microsoft Excel dapat mengkonversi data angka ke kode barcode dengan menyertakan jenis fonts barcode. Ada beberapa jenis fonts barcode yang dapat anda gunakan secara gratis seperti free 3 of 9 extended, C39P24DMTt dan IDAutomationHC39M. Ketiga jenis fonts ini dapat anda unduh di internet secara gratis. Tutorial Microsoft Excel tidak menyediakan link download dalam hal ini.
Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan konversi data barcode  pada Microsoft Excel.
  • Copy hasil download fonts barcode.



  • Paste font free 3 of 9  ke folder/direktori C:windows/fonts (jika anda menggunakan Win 7).  

  • Buka Microsoft Excel Kemudian buatlah buatlah sebuah angka atau kode yang akan dikonversikan ke barcode (seperti gambar di bawah). 


Membuat kode barcode dengan  Microsoft Excel sangat mudah dan cepat, anda hanya perlu type font barcode yang dapat anda download di Internet. Cara ini juga dapat anda aplikasikan pada Microsoft Word. Baca juga artikel kami tentang Perbedaan Fungsi dan Formula Pada Microsoft Excel yang telah kami posting sebelumnya di Tutorial Belajar Microsoft Excel. Semoga artikel ini membantu anda dan selamat bekerja dengan Microsoft Excel
at 4:07 PM

2 comments

Fran Fallo delete 7/01/2017

Mantap

Unknown delete 11/10/2019

MINTA MODEL QR CODE DONK GAN ?

1. Berikan Komentar Anda Sesuai dengan Judul Artikel.
2. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
3. Untuk pertanyaan Out Of Topic ( OOT ) silahkan klik Forum

Konversi KodeEmotionForum

Back to Top