Headline
Loading...

Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf di Excel

Penulisan rumus untuk merubah nilai Angka menjadi Huruf dalam penulisan Raport Siswa. Topik ini sebenarnya menjadi materi dasar pada kebanyakan kursus-kursus  microsoft excel. Meski begitu beberapa dari kita kadang masih sedikit kebingungan. Kaidah penulisannya tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah, ada yang menggunakan nilai satuan dengan dua angka di belakang koma; contoh 7,65, dan ada yang menggunakan nilai puluhan dengan satu angka di belakang koma; contoh 76,5.
Adapun fungsi atau rumus yang di gunakan merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa rumus sehingga menghasilkan tujuan yang dimaksud.

Langkahnya adalah, terlebih dahulu kita harus membuat tabel data angka beserta huruf, sebagaimana contoh di bawah ini




Tabel ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penulisan format huruf menggunakan bantuan sebuah formula sederhana
Kemudian buatlah format Raport yang akan di isi, misalnya




Setelah ada data tabel dan format raportnya sekarang kita masukkan rumusnya mengubah angka menjadi huruf sebagai berikut;

Melihat data di atas berarti kita memasukkan rumus pada sel D8, (merubah nilai Angka menjadi Huruf).

Rumus yang digunakan adalah:
=VLOOKUP(LEFT(C8,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” Koma “&VLOOKUP(MID(C8,3,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” “&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C8),1)*1,$F$3:$G$12,2)
Untuk lebih jelas lihat hasil perumusan di bawah ini.



Catatan : jika komputer anda menggunakan setting Bahasa Indonesia maka gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah angka desimal, sedangkan jika komputer anda menggunakan setting bahasa Inggris maka gunakan tanda titik (.)
Kesalahan penulisan tanda baca akan menghasilkan pesan error #VALUE! untuk hasil akhirnya. Begitu juga dengan bentuk penulisan rumus berbeda dengan format angka, akan menghasilkan #VALUE! (lihat data di atas yang berwarna merah)

Untuk penulisan rumus pada format yang puluhan sebagaimana pada jumlah adalah:
=VLOOKUP(LEFT(C18,1)*1,$F$3:$G$12,2)&”  “&VLOOKUP(MID(C18,2,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” Koma “&VLOOKUP(MID(C18,4,1)*1,$F$3:$G$12,2)& “  “&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C18),1)*1,$F$3:$G$12,2)
Begitula materi kursus excel online tentang cara membuat raport sederhana dengan memanfaatkan rumus excel dari microsoft office ini. Sekian selamat mencoba,,semoga bermanfaat untuk kita semua.
di 08.31

1. Berikan Komentar Anda Sesuai dengan Judul Artikel.
2. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
3. Untuk pertanyaan Out Of Topic ( OOT ) silahkan klik Forum

Konversi KodeEmotionForum

Back to Top