Headline
Loading...

Koreksi Pilihan Ganda Dengan Excel

OOleh Karena Itu dan Untuk lebih jelasnya, mari kita memulai aksi memeriksa jawaban soal pilihan ganda pada Excel. Langkah pertama siapkan 2 buah lembar kerja (worksheet) sepeti berikut. Jadi kalau ada yang mudah kenapa kita harus mempersulit diri untuk hal - hal yang sederhana dan mudah di kerjakan, tunggu apa lagi segera praktekan....
  • Lembar kerja pertama, beri nama “Hitung” yang isinya berupa tabel untuk menghitung nilai yang diperoleh dari soal pilihan ganda.

  •  Lembar kerja kedua, beri nama “Proses” yang isinya berupa tabel untuk memproses data nilai dari soal pilihan ganda. Misalkan telah diketahui data-datanya sebagai berikut.

Setelah kedua lembar kerja disiapkan, langsung kita eksekusi. Masih pada lembar kerja kedua “Proses”, untuk mengisi Status (sel D7 smapi sel D11) kita masukan rumus berikut =IF(C7=”",”",IF(LEN(C7)=LEN(jawaban),”Ok”,IF(LEN(C7)>LEN(jawaban),”Lebih”,”Kurang”)))
Selanjutnya mengisi kolom Skor nilai (sel E7 sampai H11), terlebih dahulu isikan rumus =IF(E6<=LEN(C7),IF(MID(C7,E6,1)=MID(jawaban,E6,1),1,0),0), maka hasilnya sebagai berikut.

Setelah semua kolom pada lembar kerja kedua “Proses” terisi, selanjutnya beralih ke lembar kerja pertama “Hitung”. Pada sel B4 (jumlah soal) isikan rumus =LEN(Proses!C3), dan Skala nilai ketik secara manual saja, misalkan skala nilainya 100.
Kemudian untuk mengisi kolom nama siswa pada sel B7 isikan rumus =Proses!B7 dan Rincian jawaban pada sel C7 isikan rumus =IF(Proses!C7=”",”",Proses!C7), hal ini dilakuka agar nama siswa dan rincian jawaban dapat di isi secara otomatis dari lembar kerja “Proses” tanpa harus mengetik ulang.

Selnjutnya untuk mengisi Total Skor pada sel D7 masukan rumus =SUM(Proses!E7:N7), gunakan fungsi Auto Fiil untuk mengisi sel D8 sampai sel D11, kemudian untuk mengisi kolom Nilai sel E7 masukan rumus =IF(D7=”",”",(D7/(B4*1))*C4), sama seperti Total Skor gunakan fungsi Auto Fill agar dapat terisi secara otomatis pada sel E8 sampai E11.

Selanjutnya mengisi Jumlah, Nilai Terbesar, Nilai Terkecil dan Nilai Rata-rata masukan rumus :
  • Rumus Jumlah (sel D13), =SUM(D7:D11) dan jumlah sel E13, =SUM(E7:E11)
  • Rumus Nilai Terbesar (sel E14), =MAX(E7:E11)
  • Rumus Nilai Terkecil (sel E15), =MIN(E7:E11)
  • Rumus Nilai rata-rata (sel E16), =AVERAGE(E7:E11)
Maka hasilnya sebagai berikut.

Kesimpulan, dengan menggunakan Excel ini untuk memeriksa jawaban soal pilihan ganda tentu akan sangat membatu dan menghemat waktu, dibandingkan harus menghitung secara manual. Semoga bermanfaat.
di 08.50

1. Berikan Komentar Anda Sesuai dengan Judul Artikel.
2. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
3. Untuk pertanyaan Out Of Topic ( OOT ) silahkan klik Forum

Konversi KodeEmotionForum

Back to Top